4 Bangunan Bersejarah Menarik di Samarkand, Uzbekistan yang bikin kagum

45 views


Uzbekistan merupakan sebuah negara yang sebagian wilayahnya berada di Asia Tengah, sedangkan sebagian wilayahnya lagi ada di Eropa Timur dan merupakan bekas bagian dari negara Uni Soviet. Karena letaknya tersebut, Uzbekistan memiliki berbagai bangunan penuh sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah adalah Samarkand, kota terbesar ketiga di Uzbekistan, tepatnya berada di Provinsi Samarqand. Kota tersebut juga dianggap sebagai tempat lahirnya Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik.

Berikut bangunan bersejarah dengan arsitektur menarik yang ada di Samarkand, Uzbekistan.

1. Mausoleum Gur-e-Amir

Mausoleum Gur-e-Amir adalah sebuah bangunan menawan dengan kubah biru yang menandai bahwa tempat ini merupakan peristirahatan terakhir Amir Timur, bersama dengan dua putra dan dua cucunya. Lantai serta kubahnya yang sangat indah dan cantik. Apalagi ketika malam hari, bangunan tersebut akan terlihat paling bercahaya di antara lainnya.

Bangunan paling tua dari komplek ini sudah dibangun sejak akhir abad ke-14 atas perintah Muhammad Sultan. Sekarang hanya tinggal fondasi gerbang masuk serta salah satu dari empat menara yang benar-benar masih terjaga sejak Mausoleum Gur-e-Amir didirikan.

2. Ulugh Beg Madrasah

Dibangun antara tahun 1417 dan 1421, Madrasah Ulugh Beg merupakan sebuah sekolah Islam yang terletak di pusat sejarah Samarkand yang juga menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan beberapa bangunan bersejarah lainnya.

Kekaisaran Amir Timur menjadikan Madrasah sebagai pusat pengajaran penting kala itu, di mana beberapa cendekiawan paling terkemuka di zaman tersebut diajarkan ilmu agama maupun ilmu sekuler.

Tempat ini merupakan salah satu bangunan tertua di situs sejarah Registan serta menjadi bangunan satu-satunya yang didirikan pada abad ke-15.

3. Mausoleum of St. Daniel

Seperti mustahil jika mendengar orang-orang Muslim, Kristen, dan Yahudi datang untuk berdoa bersama di dunia ini. Namun, di Saint Mausoleum of St. Daniel, hal tersebut benar-benar terjadi.

Terletak di pinggir pemukiman Afrasiab yang berada di timur laut Samarkand, terbentang sebuah makam dengan lima kubah yang memiliki panjang 18 meter.

Banyak mitos serta cerita terkait makam tersebut. Ada yang berpendapat bahwa makam tersebut dipindah ke Mausoleum of St. Daniel oleh orang-orang Kristen, sedangkan beberapa lainya berpikir bahwa Amir Timur-lah yang memerintahkannya untuk dikirim ke Samarkand.

4. Hazrat Khizr Mosque

Salah satu masjid tertua yang ada di Uzbekistan, Hazrat Khizr Mosque terletak di atas bukit yang berada di pintu masuk Kota Samarkand. Dibangun pada abad ke-8, masjid tersebut juga memiliki makam yang berada di sekitarnya. Konon, kuburan-kuburan tersebut adalah makam seorang wali atau nabi menurut kepercayaan setempat.

Masjid ini sebenarnya pernah hancur pada abad ke-13 karena ulah dari pasukan Genghis Khan. Namun, kemudian Masjid tersebut direnovasi bebeberapa kali hingga yang terakhir pada abad ke-19 dan tampilannya seperti yang dilihat sekarang ini.

Tempat-tempat tersebut menjadi bukti bahwa Uzbekistan merupakan sebuah negara yang kaya akan sejarah dan salah satu kota yang menjadi pusat dari sejarah tersebut adalah Samarkand. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Uzbekistan.