Ini 3 Destinasi Wisata di Guadalajara Meksiko, Kota Mutiara dari Barat

51 views

Menjadi kota terbesar kedua di Meksiko, Guadalajara juga menjadi wilayah metropolitan terbesar kesebelas di Amerika Latin. Selain pusat penting perekonomian dan pendidikan, tempat tersebut juga menjadi sentra pariwisata yang ada di Meksiko.

Daerah yang juga merupakan ibu kota negara bagian Jalisco ini memiliki berbagai destinasi wisata menakjubkan yang mampu menarik ribuan wisatawan asing setiap harinya. Hal tersebut yang membuat Guadalajara dijuluki sebagai Kota Mutiara dari Barat.

1. Catedral de Guadalajara

Dibangun atas perintah Raja Felipe II dari Spanyol, katedral ini memulai pembangunannya pada 31 Juli 1568 dan selesai pada 19 Februari 1618. Bangunan yang memiliki nama asli Catedral Basílica de la Asunción de María ini memiliki gaya eropa abad pertengahan yang diarsiteki oleh seorang Martin Casillas.

Katedral ini juga sudah mengalami beberapa kali renovasi dalam seratus tahun terakhir. Hal tersebut karena beberapa bagian dari bangunan tersebut sudah rusak diakibatkan bencana alam serta termakan usia. Yang paling menarik dari tempat ini adalah peninggalan pusakanya berupa Martyrs Relic yang terbuat dari tulang 23 laki-laki.

2. Templo Expiatorio del Santisimo Sacramento

Templo Expiatorio del Santisimo Sacramento merupakan sebuah gereja yang mempunyai arsitektur khas eropa yang terletak di blok bagian barat daya kota Guadalajara. Dibangun pada tahun 1890, hingga kini gereja tersebut masih cukup terjaga dengan baik.

Bagian pintu gereja yang terbuat dari kayu Grandillo yang dilapisi oleh perunggu, serta adanya tiga mozaik Italia yang dibuat dan dikirim langsung dari tempat pembuatannya di Vatikan akan membuatmu seperti sedang berada di salah satu negara Eropa.

3. Teatro Degollado

Gedung teater yang biasanya digunakan untuk berbagai pertunjukan ini memiliki kubah yang sangat indah dengan dekorasi lukisan menawan. Ruangannya juga bergaya neoklasik karya arsitek Jacobo Galvez yang dapat kamu jumpai di dalam gedung teater berkapasitas 1.015 orang tersebut.

Selesai dibangun pada tahun 1866, Teatro Degollado dulunya merupakan tempat yang dipakai untuk menyimpan batu permata. Namun seiring berjalannya waktu, kini tempat tersebut merupakan rumah bagi pertunjukan musikal, orchestra, dan drama teater.

Meskipun 3 tempat wisata tersebut sudah menjadi bukti bahwa Kota Guadalajara layak untuk dikunjungi, namun wisatawan harus dipaksa berpikir dua kali karena kota tersebut memiliki tingkat kriminalitas tinggi, yang tak lain karena adanya kartel-kartel atau geng narkoba yang masih menguasai wilayah tersebut.