3 Tempat Wisata di Jayapura Terbaru dan Paling Hits Dikunjungi !

18 views


Indonesia membentang luas dengan pulau-pulau indah dari Sabang sampai Merauke. Papua adalah satu dari sekian banyak pesona nusantara yang selalu menjadi primadona. Mulai dari tempat tambang hingga bentangan bahari yang eksotis. Jayapura, sebagai ibukota tentu memiliki keistimewaan yang tiada dua. Banyak pantai hingga kebun dan hutan yang patut untuk dikunjungi.

Relief dari wilayahnya memiliki banyak variasi, mulai dengan daratan hingga perbukitan serta pegunungan yang menjulang tinggi. Karena kondisi bentang alamnya ini, tidak heran jika banyak sekali tujuan wisata untuk dinikmati.

Masyarakat di sana sangat ramah dan terbuka kepada setiap pengunjung yang datang. Kebudayaan yang masih murni serta berbagai hal unik lainnya juga bisa ditemukan di sana. Berikut beberapa tempat wisata di Jayapura yang menarik untuk dijelajahi.

1. Pantai Tablanusu

Jayapura juga punya pantai eksotis yang tidak kalah dari wisata bahari di daerah Bali. Tablanusu, itulah nama dari tempat yang dimaksudkan, lokasinya berada di daerah Depapre.

Jarak tempuh dari pusat kota lumayan jauh dibandingkan destinasi lainnya. Namun, karena itulah tempatnya masih tetap terjaga dan asri, jauh dari polusi yang sesak di dada serta mata.

2.Pantai Pasir Enam

Pantai Pasir Enam berada di bagian Jayapura Utara, tepatnya di Tanjung Ria. Panorama yang ditawarkan berupa pesona kehidupan bawah laut dan juga bentangan air pantai yang biru dengan gradasi hijau. Wilayahnya yang tidak banyak diketahui oleh wisatawan, membuatnya tetap asri dan alami.

Saat berada di sana, Anda bisa menikmati setiap sudut keindahan yang ditawarkannya. Mulai dari deburan ombak yang lembut saat menerpa pasir putih, hingga kekayaan bawah laut yang beragam. Beberapa kegiatan banyak direkomendasikan untuk dilakukan yaitu snorkeling dan juga berenang.

3. Puncak Gunung Ifar

Puncak gunung Ifar juga banyak dikenal dengan sebutan bukit Makaur. Berada di ketinggian sekitar 325 m di atas permukaan laut (mdpl). Tempat ini merupakan salah satu bagian dari pegunungan cylop berlokasi di daerah Sentani. Terdapat sebuah peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di sana.

BACA JUGA: 6 Tempat Wisata di Mamberamo Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Diceritakan bahwa pasukan sekutu Amerika dengan komando Jenderal Mc. Arthur membangun sebuah markas pertahanan saat akan menyerang tentara dari pasukan Filipina. Sehingga untuk memperingatinya dibuatlah sebuah tugu yang diberi nama Arthur.

Saat ini Puncak Ifar dikelola langsung oleh pemerintah dan menjadi markas dari Rindam Jaya untuk melakukan latihan militer. Lokasi sekitarnya juga dijaga ketat oleh tentara yang bertugas. Namun, Anda tetap bisa berkunjung, tentunya dengan meminta izin khusus sebelum masuk wilayahnya.