Segini Gaji Caddy Golf, Lebih Besar Uang Tip Daripada Gajinya

260 views

Caddy golf atau pramugolf identik dengan para wanita cantik dan seksi. Para caddy golf bertugas untuk membawakan tas pegolf dan mendampingi selama bermain golf. Jadi seorang caddy juga harus memiliki pengetahuan tentang permainan golf. Memang berapa sih gaji caddy golf?

Beberapa waktu lalu seorang caddy yang tidak diketahui identitasnya membongkar penghasilan yang dia dapatkan selama sebulan bekerja menjadi seorang caddy. Memang ia tak menjelaskan rinci jumlah yang yang didapatkan, namun ia mengatakan bahwa bekerja menjadi caddy dirinya tak mendapatkan gaji pokok.”Emang nggak ada gaji pokoknya jadi caddy, tapi cuma uang tip udah cukup kok,” ujarnya.

Lantas apa benar menjadi seorang caddy tak akan mendapatkan gaji pokok? Anita salah seorang caddy golf di Surabaya, Jawa Timur memberikan tanggapannya. Ia mengatakan dalam sebulan mendapatkan gaji namun gaji itu sangat kecil karena di bawah UMR atau Upah Minimum Regional.

Dilansir dari JPNN, dalam sebulan Anita bisa mendapatkan pendapatan sekitar Rp 10 juta. Jumlah itu tentunya bukan gaji tapi uang tip yang dia kumpulkan. Biasanya uang tip yang didapatkan bervariasi dari Rp 250 ribu hingga jutaan.

“Jumlah uang tip tergantung dari pegolf yang memberikan, kalau pegolf yang saya pegang itu menang saya bisa dapat lumayan,”kata Anita. Anita menambahkan biasanya uang tip besar justru dia dapat dari pegolf asal luar negeri seperti Korea Selatan dan Jepang.

Ada juga kisah dari rekan Anita sesama caddy yang dalam sebulan bisa dapat uang Rp 15 juta. Selain mendapatkan penghasilan besar dari uang tip, biasanya ia mendapatkan tip besar ketika ada turnamen golf. “Kalau turnamen yang mengadakan Bank pasti pesertanya tajir (kaya-red) yang ikut,” ujar wanita yang enggan disebutkan namanya.

Meski perannya cukup penting bagi pegolf di lapangan, image caddy golf kerap dipandang sebelah mata karena beberapa oknum caddy golf diduga menjadi wanita simpanan pejabat atau pengusaha. Mereka kenal di lapangan golf dan akhirnya memadu kasih.

Tapi ada juga beberapa caddy yang justru diduga menjadi korban pelecehan seksual oleh pegolf. Selain diduga lakukan pelecehan seksual, ada juga pegolf yang dengan seenaknya memarahi dan memerintah caddy dengan tidak sopan. Hal itu tentu sangat merugikan caddy saat bekerja.