Viral Uang Rp 500 Gambar Melati Dihargai Rp 750.000, BI Ada Rupiah Khusus Terbuat dari Emas

Akun TikTok milik @arumhajj membagikan sebuah video yang menyebutkan bahwa uang koin lama Rp 500 yang berwarna kuning itu dihargai senilai Rp 750.000. dalam unggahannya, ia juga melampirkan sebuah video yang memperlihatkan potongan tangkap layar yang diberi sebuah judul.

“Cepetan Tukar Uang Koin Ini Dihargai Rp 750.000 Ribu di Bank Umum Padahal Peredarannya Sudah Dicabut BI,” tulis akun tersebut.

Tangkapan layar tersebut memperlihatkan sebuah gambar uang logam berwarna kuning bertuliskan 1990, Bank Indonesia.

Postingan yang jga memperlihatkan kumpulan uang koin Rp 500 warna kuning itu sudah dilihat lebih dari 5,3 juta kali, disukai lebih dari 118 ribu pengguna dan dibagikan lebih dari 12 ribu kali.

“Ayo buruan ditukar yak ke BI” tulis akun tersebut.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan, menegaskan bahwa uang tersebut jika ditukarkan maka tidak senilai dengan yang beredar. Uang yang ditarik oleh Bank Indonesia dan bernilai Rp. 750.000 merupakan uang rupiah khusus yang terbit pada tahun 1990.

“Yang diumumkan oleh BI yang dicabut dari peredaran salah satunya adalah Uang Rupiah Khusus tahun 1990 yang terbuat dari emas, yang nominalnya tertera 750 ribu,” tegas dia.

Sementara uang yang ada di dalam video yang beredar di media sosial bukanlah uang rupiah khusus yang dimaksud. Uang yang terdapat di dalam video tersebut merupakan uang koin Rp 500 bergambar melati.

“Uang yang ditampilkan di tengah video tersebut adalah uang koin Rp 500 bergambar melati. Uang itu dikeluarkan tahun 91 dan 97, dan saat ini masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Jadi nilainya ya Rp 500,” tegas dia.

Sumber : palingseru.com