Beri Uang Belanja Rp 50 Ribu Sebulan, Suami Ngomel Lihat Masakan Istri, Bilang Enggak Becus

Sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang suami marah-marah saat pulang ke rumah karena masakan istri itu-itu saja viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh sebuah akun Tiktok, sang suami memperlihatkan meja makan yang penuh dengan makanan hasil masakan sang istri. Pria tersebut tampak kurang berkenan dengan makanan yang dinilia membosankan.

Sambil membuka tudung saji, pria itu menggerutu dan menyebut sang istri tidak becus mengatur uang belanja yang ia berikan. Pria itu mengaku memberikan uang belanja pada istri sebesar Rp. 50.000 setiap bulannya. Namun ia kesal karena sang istri hanya masak tahu, tempe, kangkung, dan sambal.

“Punya istri nggak tahu diri, padahal satu bulan saya kasih 50 ribu, dan lihat masakannya, masa cuma tahu, tempe, kangkung, sama sambal kaya gini doang,” ucap sang suami dalam video tersebut, dikutip BeritaHits.id, Kamis (2/9/2021).

Melihat masakan yang ada di atas meja, pria tersebut memutuskan untuk tak jadi makan. Ia menutup kembali tudung saji sambil berkata ingin menceraikan istrinya.

“Istri nggak becus kaya gini ceraiin aja,” lanjutnya.

Melihat video tersebut, para warganet lantas menuliskan beragam komentar. Sebagian besar dari mereka mengaku kesal melihat tingkah sang suami yang tak menghargai masakan istri.

Beberapa warganet juga menyoroti jumlah uang belanja bulanan yang diberikan pria tersebut ke istrinya. Meskipun begitu ada pula warganet yang menduga aksi pria tersebut hanya sebatas konten.

“Lu yang nggak becus ngasih nafkahnya!” komentar salah seorang warganet.

“Kalau iya 50 ribu sebulan masih bisa ada tahu hebat istrinya,” sahut warganet lain.

“Tidak mungkin ferguso 50 sebulan, mau makan kripik cicak? Wkwk sabar ibu-ibu mungkin ini hanya konten,” tulis warganet lain.

“Lah anda juga suami nggak becus,” sahut warganet lain. (sumber: hit.suara)

Cara Atur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan. Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis.

Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut. Ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, Anda sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Tips: Rencanakan anggaran bulanan secara tertulis, dengan membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu: kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan primer antara lain: makan, biaya transportasi, tagihan listrik, air serta telepon, cicilan rumah, motor serta mobil dan lainnya. Sedangkan kebutuhan tersier antara lain: anggaran untuk shopping baju, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman atau rekan kerja.

Merencanakan daftar belanjaan sangat efisien karena dengan belanja dalam jumlah grosir, harga akan jauh lebih murah, sehingga Anda bisa lebih hemat untuk membeli makanan dan memiliki tabungan yang lebih banyak. Selain membiasakan diri membuat anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus membiasakan diri untuk mematuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat.

Membeli Barang yang Masih Layak

Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja, seperti: mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, bahkan ada yang tidak pernah digunakan.

Kadang-kadang orang dapat menemukan barang yang kotaknya sudah terbuka, namun barang yang didalamnya belum pernah digunakan, tetapi tidak dijual seperti harga barang baru karena kemasannya telah dibuka. Beberapa toko online banyak yang menawarkan barang bekas jarang pakai tersebut, Anda harus rajin mencarinya di internet.

Tips:  Membeli barang bekas yang masih layak pakai atau barang bekas dengan kondisi seperti barang baru akan sangat membantu Anda untuk berhemat. Misalnya saja, bagi keluarga yang baru pindah rumah dan memerlukan furniture seperti: meja, kursi dan perabotan rumah tangga lainnya.

Sebaiknya belilah barang bekas yang masih bagus di toko barang bekas, pasar loak, maupun toko online, namun jangan lupa untuk menawar. Dengan sedikit polesan cat semprot, meja dan kursi bekas akan terlihat seperti baru.

Menghemat Pengeluaran untuk Beberapa Aktivitas

Anda dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti: membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan sepele yang tidak efisien.

Tips:  Simpan selisih uang ke rekening tabungan secara berkala. Bahkan bila rumah dekat dengan tempat kerja, Anda dapat mengambil makan siang dan kopi di rumah sendiri. Selalu ada cara untuk menghemat uang untuk membuat tabungan, tergantung dari diri Anda sendiri.

Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Anda bisa berjalan kaki, naik sepeda atau naik kendaraan umum dibandingkan dengan menggunakan mobil untuk pergi ke toko atau bekerja.

Tips:  Anda bisa menghemat uang bbm dan Anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan, yaitu badan yang semakin sehat dengan banyak berolahraga.

Mencari Penghasilan Tambahan

Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti: menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama. Dengan semakin banyak penghasilan tambahan, maka akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.

Kurangi Kebiasaan Makan di Luar atau Pesan Makan Online

Makan sesekali di restoran dan pesan makan online tidak masalah, namun jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan rutin akan menghabiskan gaji secara cepat.

Harga makanan di restoran setidaknya hingga 4X lipat daripada makanan buatan sendiri. Belum lagi jika Anda keseringan pesan makanan online, tentu biaya makan Anda akan naik.

Tips:  Jika ingin menghemat uang sebaiknya buat makanan sendiri dirumah. Usahakan untuk makan di restoran atau pesan makan online (Go Food atau Grab Food) hanya sesekali dan tidak setiap hari. Lakukan hal ini dan lihatlah hasilnya berapa uang yang bisa Anda hemat dengan masak sendiri.