Tips Cara Alami Keluarkan Dahak pada Balita Nih Bund. Simak Yaaa

105 views

Anda mungkin serba salah bila melihat anak balita batuk. Ya Moms, kondisi ini bisa membuatnya sangat tidak nyaman, apalagi bila batuknya berdahak. Meski begitu, di usianya yang masih balita, anak Anda mungkin masih kesulitan untuk mengeluarkan dahaknya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dahak saat anak batuk?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Fransisca Handy, SpA, orang tua tak perlu cemas berlebihan bila balita belum bisa mengeluarkan dahaknya. Sebab, sebenarnya dahak bisa keluar melalui feses, Moms.

“Batuk adalah salah satu cara mengeluarkan dahak dari saluran napas. Tapi enggak harus keluar lewat mulut. Bisa juga tertelan ke saluran cerna dan keluar lewat feses,” kata dr. Fransisca belum lama ini.

Selain itu, rupanya ada beberapa cara alami untuk mengeluarkan dahak pada anak. Berikut ini tipsnya, Moms.

Konsumsi air putih dengan cukup

Pastikan anak Anda cukup minum air putih. Mengutip Healthline, minum air putih hangat bisa jadi salah satu cara untuk meredakan dahak yang menumpuk. Selain itu, air putih juga dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi yang tengah terjadi pada tubuh anak.

Mandi dengan air hangat

Seperti dilansir What to Expect, mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan peradangan di saluran pernapasan anak akibat dahak yang menumpuk. Cukup mandi selama 15-20 menit, hal ini juga akan memberikan dampak pada kesehatan anak, seperti melancarkan aliran darah.Minum air lemon hangat.

Kendati memiliki rasa yang asam, minum air lemon hangat dapat meredakan dahak pada anak balita Anda yang menumpuk, Moms. Tapi, pastikan Anda tak memberikan air lemon secara berlebihan pada anak Anda dan si kecil minum air putih yang cukup.

Konsumsi madu

Pemberian madu memang hanya boleh dikonsumsi untuk anak berusia di atas 1 tahun. Jadi anak balita Anda sudah dapat mengonsumsi madu untuk mengurangi atau meredakan dahaknya. Madu sendiri memiliki kandungan sebagai antibakteri dan antivirus bila dibandingkan obat penghilang dahak.

Cukup berikan madu pada anak sebanyak 1 sendok teh sehari atau Anda bisa mencampurkannya dengan air putih hangat atau teh hangat.

Nah Moms, bila Anda sudah melakukan berbagai cara di atas, namun batuk berdahak anak tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Sumber : kumparan.com