Kelopak Mata Atas Turun Sebelah? Ini Penjelasan!

74 views

Ptosis adalah kondisi saat kelopak mata atasmu turun. Tergantung pada keparahan kondisi, menurunnya kelopak mata bisa menghalangi atau mengurangi penglihatan, tergantung seberapa banyak kondisi ini menutupi pupil. Pada umumnya, kondisi akan membaik, baik secara alami atau melalui intervensi medis.

Ptosis adalah kondisi yang bisa terjadi pada pasien dengan usia berapa pun. Anak-anak dan orang dewasa sama-sama berisiko mengalami ptosis.

Sederet Mitos dan Fakta Scaling, Benarkah Bisa Putihkan Gigi?
Kondisi ini bisa ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Kamu bisa mengunjungi dokter untuk informasi lebih lanjut.

Gejala Ptosis

Gejala utama dari ptosis kelopak mata adalah salah satu atau kedua kelopak mata yang mengendur. Biasanya banyak orang yang tidak merasakan mengendurnya kelopak mata atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Selain itu, kamu juga mungkin bisa mengalami mata yang sangat kering atau sangat berair, serta wajah yang terlihat lelah.

Beberapa pasien yang memiliki kasus yang parah bahkan sampai perlu untuk menengadahkan kepala saat berbicara.

Penyebab Ptosis

Siapa pun bisa mengalami ptosis secara bawaan. Mulai dari yang sudah lanjut usia sampai bayi baru lahir.

Meski begitu, kondisi ini juga jadi pertanda kondisi medis tertentu, seperti:

Tumor di sekitar atau di belakang mata
Diabetes
Sindrom Horner
Pembengkakan pada kelopak mata, seperti timbilan atau bintitan

Pengobatan Ptosis

Pengobatan untuk ptosis kelopak mata tergantung pada penyebabnya. Apabila kondisi ini terjadi karena usia dan bawaan lahir, kamu mungkin tidak membutuhkan pengobatan apa pun.

Untuk mengatasi masalah kelopak mata yang turun tapi tidak sampai mengganggu pandangan, kamu mungkin bisa mempertimbangkan operasi ptosis.

Sumber: diadona.id