Jenis Gerakan Si Janin dalam Rahim, Mana yang Pernah Moms Rasakan?

67 views

Merasakan gerakan janin menjadi kesenangan tersendiri untuk Moms

Selama kehamilan, salah satu hal yang dinantikan oleh para Moms adalah saat si Kecil sudah mulai bisa bergerak. Gerakan janin jadi salah satu tanda bahwa ia tumbuh dengan normal dalam perut. Tapi tahu gak sih, ternyata gerakan janin tidak sekadar nendang-nendang saja lho!

Ada beberapa jenis gerakan yang munkin Moms rasakan. Selain itu, Moms juga bisa mengetahui gerakan janin berdasarkan usia kehamilan.

Seperti Mengepakkan Sayap

Melansir American Pregnancy, gerakannya terasa seperti kupu-kupu terbang dan bisa menimbulkan sensasi mual. Biasanya, gerakan ini terjadi sejak usia kehamilan 16 minggu.

Tendangan

Gerakan janin ini adalah yang paling umum dirasakan. Semakin besar usia kehamilan Moms, maka makin kencang pula rasa tendangannya.

Tendangan yang kuat biasanya bisa terlihat dari luar sebagai tonjolan yang muncul dari perut Moms. Sensasinya bisa membuat tak nyaman atau bahkan ngilu.

Ketukan

Rasanya hampir mirip dengan gerakan menendang. Bedanya, gerakannya lebih lembut. Gerakan ini biasanya mulai dilakukan janin pada trimester kedua.

Berguling

Jangan kaget ya Moms kalau merasakan janin bergerak aktif dalam perut,karena bisa jadi ia sedang berguling dan berputar. Kemungkinan besar saat itu ia sedang mencari posisi yang nyaman.

Cegukan

Pernahkah Moms merasakan sensasi ketukan kecil yang seirama dan berlangsung cukup lama? Bisa jadi itu adalah saat janin sedang cegukan.

Selama berada di dalam rahim, janin menelan cairan ketuban. Nah, saat melakukan proses ini seringkali mereka akan keliru menelan sehingga terjadi cegukan.

Tapi jangan khawatir, karena hal itu pertanda bahwa sistem pencernaan janin sudah mulai bekerja dengan baik.

Dari gerakan-gerakan itu mana yang sering Moms rasakan?

Sumber: diadonaid